Butuh Relaksasi selama WFH? Berikut ini Tips Olahraga Ringan buat Kamu!

Sudah berapa minggu Work from Home (WFH)? Sudah merasa bosan dan pegal-pegal? Pastinya hal ini terjadi selama kamu melakukan WFH, karena aktivitas kamu didalam rumah akan sangat terbatas, dan mungkin seharian akan banyak dihabiskan untuk duduk didepan laptop. Tetapi jangan khawatir, ternyata kamu masih tetap bisa berolarhraga dan perenggangan agar badan tetap bugar walaupun melakukan aktivitas kerja didalam rumah. Apa saja olahraga yang bisa kamu lakukan selama WFH?

 

 

1. Lunges

Sumber: Pexels.com

Pertama adalah Lunges, yang berguna untuk melatih keseimbangan tubuh. Gerakan ini akan membantu otot dalam tubuhmu bekerja dengan optimal dan semakin lebih kuat, mulai dari serangkaian otot bagian pantat, pinggul, paha bagian dalam, dan belakang. Gerakan yang perlu dilakukan adalah berdiri tegak dan melangkahkan kaki kanan dan kiri secara bergantian hingga lutut tertekuk dan paha sejajar dengan lantai.

 

2. Push-up

Sumber: Pexels.com

Kedua adalah Push-up, yang merupakan gerakan paling dasar yang bisa membentuk tubuh dan mengurangi berat badan. Nah kamu sudah tahu kan bagaimana push-up ini dilakukan? Bagi yang selama WFH terlalu banyak ngemil dan makan yang tidak teratur, push-up bisa memotivasimu untuk tetap memiliki berat badan yang seimbang.

 

 

3. Sit-up

Sumber: Pexels.com

Ketiga adalah Sit-up, yang membantumu memiliki perut yang kencang. Sembari WFH dan makan tidak teratur di rumah, sit-up akan membuat perutmu tetap bagus dan kencang.

 

Selain ketiga olahraga yang sederhana ini, kamu bisa melakukan perenggangan lainnya secara periodic ketika kamu WFH. Apalagi kamu akan mengalami penurunan metabolisme karena seharian ada di depan computer atau layar laptop. Walaupun kamu ada di rumah saja, tetapi tidak menutup kemungkinan kamu akan terserang penyakit, karena tidak menjaga metabolisme tubuh.

 

 

Catatan:

Dr Michael Triangto, SpKO, seorang Spesialis Kedokteran Olahraga, menyebutkan bahwa WFH cenderung akan membuat seseorang memiliki gaya hidup yang kurang gerak. Hal ini akan menurunkan imunitas tumbuh manusia, sehingga akan meningkatkan risiko terjadinya infeksi virus. Seolah mendukung pendapat tersebut, Inna Khazana seorang ahli psikologi klinis dari Harvard Medical School, menyebutkan bahwa setiap manusia yang sedang WFH sebaiknya melakukan peregangan otot, berjalan-jalan, dan bahkan baik juga ditambah meditasi sekitar 15-30 menit disela-sela pekerjaan.

 

Cari Lowongan

Tips dan Triks

Apa itu LokerJakarta.id

LokerJakarta.id adalah situs online yang menyajikan Informasi Lowongan Kerja di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Lowongan BUMN terbaru. Pencari kerja dapat melamar pekerjaan dan Perusahaan dapat memasang Iklan Lowongan Kerja di LokerJakarta.id