Apa Perbedaan Work from Home (WFH) dengan saat Bekerja di Kantor?

Sebelum menjadi popular, istilah Work from Home (WFH) sangatlah asing di telinga masyarakat Indonesia. Benar, WFH sangat asing karena hampir semua orang di Indonesia menempatkan rumah sebagai area untuk bersantai, beristirahat, dan berkumpul bersama keluarga. Sementara untuk WFH, rumah menjadi area kerja dan berproduktif seperti tempat kerja. Apakah kamu termasuk orang yang merasa asing dengan aktifitas WFH-mu saat ini?

 

 

Berikut ini adalah beberapa fakta perbedaan antara WFH dan bekerja di kantor:

1. Pakaian

Sumber: Unsplash.com

 

Jika di kantor kamu harus berpakaian rapi dan wangi sesuai aturan perusahaan, maka selama WFH tidak mengharuskan kamu untuk berpakaian selayaknya pergi ke kantor. Kamu cukup berpakaian yang wajar dan pantas agar bisa mendukung aktifitas pekerjaanmu seharian penuh.

 

2. Cara Kerjasama Team

Unsplash.com

 

Work from Home (WFH) mengharuskan kamu dan tim kerja untuk tidak bertemu dalam waktu yang cukup lama. Walaupun demikian, produktifitas tim dalam pekerjaan harus tetap berjalan dengan konsisten. Jika sebelumnya kalian hanya butuh sesi diskusi di ruang meeting, maka selama WFH mengharuskan kamu dan teman kerja berdiskusi melalui media online, misalnya dengan video call.

 

 

3. Waktu Kerja

Sumber: Unsplash.com

 

Pastinya kamu pernah mendengar work life balance? Ya, keseimbangan kehidupan pekerja selama ini sangatlah tidak proporsional, karena harus bekerja di kantor dalam waktu yang sangat lama, misal 8-9 jam. Belum lagi jika kamu harus menempuh perjalanan yang cukup jauh dari rumah hingga ke tempat kerja. Tetapi bagaimana dengan WFH? Kamu bahkan akan merasakan keseimbangan hidup yang sangat maksimal. Kamu bisa bekerja dengan optimal, tetapi tetap berada di tengah keluarga dalam waktu yang banyak.

 

 

4. Keamanan Data

Sumber: Unsplash.com

 

WFH mengharuskan perusahaan memiliki system keamanan data yang optimal. Ketika kamu bekerja di kantor, maka tidak akan ada masalah pengaksesan data karena kamu menggunakan koneksi jaringan data internal. Sementara jika WFH, kamu harus memiliki akses khusus (biasanya menggunakan VPN), untuk masuk ke jaringan internal perusahaan. Pastinya, system keamanan jaringan data ini begitu sangat diuji selama periode WFH.

 

Bagaimana dengan aktifitas WFH selama beberapa minggu terakhir? Yuk bagikan kelebihan dan kekurangan WFH kalian!

Cari Lowongan

Tips dan Triks

Apa itu LokerJakarta.id

LokerJakarta.id adalah situs online yang menyajikan Informasi Lowongan Kerja di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Lowongan BUMN terbaru. Pencari kerja dapat melamar pekerjaan dan Perusahaan dapat memasang Iklan Lowongan Kerja di LokerJakarta.id